TERAPKAN PROSES BISNIS EKSELEN, HUTAMA KARYA PERTAHANKAN PENGHARGAAN EMERGING INDUSTRY LEADER

JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) menyabet penghargaan dalam ajang BUMN Performance Excellence Award (BPEA) 2020 dengan peraihan kinerja yang memuaskan dan menempatkan perusahaan pada tingkat Band Emerging Industry Leader. Bertempat di Hotel Kempinski, Jakarta pada Rabu (4/3), penghargaan diterima langsung oleh Executive Vice President Divisi Sistem & Risiko Hutama Karya, G. Aji Sentosa. Penghargaan ini merupakan hasil atas assessment Kriteria Penilaian Kinerja Unggu (KPKU) yang diadopsi dan diadaptasi dari MBCPE (Malcolm Baldrige Criteria Performance Excellence), yaitu Kerangka Kerja Bisnis Ekselen (Business Excellence Framework) yang mengacu pada global best practice dari perusahaan terbaik kelas dunia. Asesmen dilakukan oleh kementerian BUMN melalui Forum Ekselen BUMN kepada Hutama Karya pada tahun 2019 silam.

Aji Sentosa, EVP Divisi Sistem & Risiko Hutama Karya mengatakan bahwa proses bisnis yang dijalankan dengan baik serta  terus diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya selaras dengan tujuan perusahaan menjadi salah satu faktor yang membawa Hutama Karya meraih penghargaan ini. “Pencapaian ini membuktikan ketangguhan sustainability proses bisnis di Hutama Karya dalam beberapa tahun kebelakang. Kami bersyukur atas penghargaan yang diberikan oleh BPEA,” ujarnya. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pencapaian yang luar biasa ini merupakan perwujudan semangat kinerja yang selaras dan solid antar bagian atau unit kerja di lingkungan Hutama Karya, serta selalu memberikan peluang inovasi baik dalam proses bisnis maupun produk. “KPKU ini merupakan tolak ukur atas kematangan tingkat ekselen proses bisnis di suatu perusahaan termasuk BUMN. Sehingga ajang ini mendorong kami untuk terus memberikan improvement yang berdampak lansgung terhadap kinerja perusahaan. Mulai dari optimasi sistem, perbaikan prosedur, hingga peningkatan kualitas produk. Kedepan kami menargetkan untuk dapat menuju level Industry Leader (Pemimpin Industri) yang merupakan level tertinggi dalam penilaian KPKU yang didapatkan oleh beberapa BUMN sampai dengan saat ini,” pungkas Aji menambahkan.

BPEA merupakan ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh Forum Ekselen BUMN (FEB) kepada BUMN yang telah bekerja keras membangun daya saing melalui integrasi berbagai sistem manajemen hingga mencapai kinerja ekselen. Pemberian penghargaan ini dilakukan atas pencapaian excellence level proses bisnis perusahaan, yaitu tingkat kinerja ekselen yang dicapai perusahaan sesuai hasil asesmen yang dilakukan dengan mengacu pada Kriteria Penilaian Kinerja Unggu (KPKU) yang ditetapkan oleh Kementerian BUMN sejak tahun 2012.

 

SEVP of Corporate Secretary

PT Hutama Karya (Persero)

Muhammad Fauzan


Untuk perihal lain di luar pers dan media silahkan menghubungi email di corcomm@hutamakarya.com