SEMARAKKAN HUT KE 59, HUTAMA KARYA SAFARI KE 4 KOTA GELAR PASAR RAYA SUMATERA

Menyambut hari jadinya yang ke 59, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) untuk pertama kalinya menggelar pesta rakyat dan hiburan bertajuk “Pasar Raya Sumatera” di sekitar wilayah tol yang dioperasikannya. Kegiatan yang berlangsung selama hampir sepekan kedepan ini akan digelar di 4 (empat) kota di Sumatera secara bergantian yaitu di Palembang, Lampung, Medan, hingga Pekanbaru. Pasar raya yang disemarakkan oleh berbagai objek wisata belanja dan hiburan dengan memberdayakan UMKM setempat ini dibuka secara perdana pada hari ini, sabtu (14/3). Bertempat di Lapangan Rusun Polres Ogan Ilir, Indralaya, opening ceremony Pasar Raya Sumatera turut dihadiri oleh Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro dan didampingi oleh beberapa pejabat lainnya mewakili manajemen Hutama Karya.

Aries, EVP Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya menjelaskan bahwa tujuan dari digelarnya Pasar Raya Sumatera adalah sebagai bentuk rasa syukur atas usia Hutama Karya yang menginjak 59 tahun serta juga bentuk terima kasih atas dukungan masyarakat terhadap kelancaran pembangunan hingga operasional khususnya di sekitar wilayah jalan tol yang dioperasikan oleh Hutama Karya. “Pasar Raya Sumatera kita laksanakan dalam bentuk pesta rakyat yang berarti semua masyarakat dapat menikmati kegiatan ini dengan sukacita. Hal ini juga sejalan dengan tema HUT kami tahun ini yaitu menghubungkan kebaikan melalui pembangunan infrastruktur untuk indonesia maju. Sehingga harapannya Jalan Tol Trans Sumatera yang telah dibangun dan dioperasikan oleh Hutama Karya dapat menyambungkan konektivitas yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitarnya,” ujar Aries.

Pasar Raya Sumatera akan dimeriahkan oleh berbagai aktivitas menarik seperti senam pagi, penampilan musik dari bank lokal setempat, serta bazar yang diisi oleh berbagai tenant dari UMKM setempat, koperasi, institusi perbankan yang juga akan menjual e-toll edisi spesial, hingga tenant lainnya.

“Jadi Pasar Raya ini terbuka untuk masyarakat umum dan dapat dinikmati dengan gratis. Untuk di Ogan Ilir sendiri hari ini pasar raya akan buka dari jam 08.00 – 16.00 wib. Nah untuk pasar raya selanjutnya akan digelar di Taman Lapangan Gajah di Lampung dan Lapangan Merdeka di Binjai, Sumatera Utara pada 22 maret mendatang. Khusus di Binjai, pasar raya akan dimulai dengan kegiatan Car Free Day terlebih dahulu,” tutur Aries menambahkan. Sedangkan untuk wilayah Pekanbaru, lokasi Pasar Raya Sumatera masih akan diinformasikan kemudian.

Digelarnya Pasar Raya Sumatra diharapkan tidak hanya dapat menghibur masyarakat sekitar dan membantu mempromosikan usaha UMKM lokal, tetapi juga dapat mempromosikan dan mengedukasi masyarakat mengenai Jalan Tol Trans Sumataera yang telah dioperasikan oleh Hutama Karya.

Hingga hari ini, sepanjang 364 km Jalan Tol Trans Sumatra sudah dioperasikan penuh oleh Hutama Karya yang terdiri dari ruas tol Bakauheni – Terbangi besar sepanjang 140 km, ruas Terbangi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189km, ruas Medan-Binjai seksi II & III sepanjang 13 km, dan ruas Palembang-Indralaya sepanjang 22km.