PERINGATI HARI PAHLAWAN, HUTAMA KARYA BERIKAN BANTUAN PROGRAM BEASISWA PERGURUAN TINGGI UNTUK PUTRA-PUTRI TNI DAN POLRI

BENGKULU – Memperingati Hari Pahlawan yang ke-75, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) bersama dengan 34 BUMN (BUMN Donatur) memberikan bantuan Program Beasiswa Perguruan Tinggi bagi Putra-Putri TNI dan Polri senilai total 11 Triliun Rupiah.  Dari seluruh Provinsi di Indonesia, Hutama Karya mendapatkan mandat dari Kementerian BUMN untuk menjadi PIC di Provinsi Bengkulu. Bertempat di Kantor Proyek Hutama Karya di Bengkulu, bantuan program beasiswa diserahkan secara simbolis oleh Project Director Proyek Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu Seksi Bengkulu – Taba Penanjung, Sri Hastuti Hardiningsih kepada 15 mahasiswa yang merupakan putra putri anggota TNI dan POLRI pada Selasa (10/11) yang diwakilkan oleh 4 perwakilan mahasiswa atas nama Mutia Sepbrina, Dineu Cakra Pratiwi, Nur Okta Defiyanti dan Ria Pisca Arnindhita, dan disaksikan langsung oleh Direktur Human Capital & Legal Hutama Karya Erry Sugiharto secara daring dari Jakarta.

Direktur Human Capital & Legal Hutama Karya Erry Sugiharto mengatakan bahwa  pemberian Beasiswa Perguruan Tinggi bagi Putra Putri TNI dan POLRI yang dilakukan oleh Hutama Karya bersama dengan 34 BUMN donatur ini, selain menjadi bentuk apresiasi BUMN terhadap prestasi, tugas dan tanggung jawab yang dilakukan TNI dan POLRI yang telah berupaya semaksimal mungkin menjaga keamanan dan stabilitas bangsa Indonesia dari berbagai ancaman, juga sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM yang unggul dan bersaing melalui pendidikan sekaligus.

“Di Provinsi Bengkulu ini, Hutama Karya menyalurkan total 75 juta rupiah kepada 15 mahasiswa yang merupakan putra-putri TNI & Polri di wilayah tersebut. 15 mahasiswa penerima beasiswa dari Hutama Karya ini seluruhnya telah memenuhi persyaratan administrasi dan melalui proses seleksi yang cukup ketat,” ujar Erry. 

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa Program Beasiswa ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3 sekaligus Permen BUMN tentang salah satu jenis bantuan yang berasal dan dapat dibiayai dengan Bina Lingkungan yaitu pada sektor pendidikan. Pada pelaksanaannya, program beasiswa ini telah dilakukan sejak bulan Juli hingga November tahun 2020 yang diawali dengan melakukan kegiatan sosialisasi program dan perencanaan oleh BUMN, kemudian pihak BUMN berkoordinasi dengan TNI dan POLRI pada masing-masing wilayah penerimaan beasiswa. Selanjutnya pihak BUMN melakukan pemberitaan lebih lanjut dan pada bulan November 2020 ini pihak BUMN melakukan realisasi juga penyerahan secara simbolis program beasiswa kepada putra putri TNI dan Polri  pada tanggal 10 November 2020 bertepatan dengan Hari Pahlawan. “Selain karena kami menjadi PIC di Provinsi Bengkulu, melalui program beasiswa ini kami juga ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan TNI dan Polri kepada Hutama Karya khususnya dalam mengawal kelancaran pembangunan JTTS Ruas Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu Seksi Bengkulu – Taba Penanjung,” imbuh Erry.

Melalui program bantuan beasiswa anak TNI & Polri, Kementerian BUMN & BUMN menyalurkan bantuan beasiswa/tabungan pendidikan sebesar Rp 11.000.000.000,- kepada 2.200 Putra/Putri TNI dan Polri yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia, dengan rincian sebanyak 607 orang merupakan putra putri dari anggota Polri dan 1.593 orang merupakan putra putri dari anggota TNI dimana masing-masing anak akan menerima dana beasiswa sebesar Rp 5.000.000,-.

 “Dengan dilaksanakannya program beasiswa putra putri TNI dan Polri yang telah dilakukan oleh Hutama Karya bersama dengan 34 BUMN (BUMN Donatur) lainnya, kami berharap dapat terus memberikan dukungan atas jasa para pahlawan yang telah gugur dalam menjaga keamanan wilayah Indonesia serta prestasi yang membanggakan yang telah diperoleh TNI dan POLRI hingga saat ini,” tutup Erry Sugiharto, Direktur Human Capital & Legal Hutama Karya.

Salah satu perwakilan mahasiswa penerima beasiswa, Mutia Seprbrina mengatakan bahwa ia sangat bersyukur atas beasiswa yang diterima dari Hutama Karya “Kami berharap semoga beasiswa ini dapat menjadi pendorong dan semangat baru agar kami menjadi mahasiswa yang berprestasi. Tidak lupa saya juga berpesan kepada teman-teman yang lain untuk tetap semangat dan pantang menyerah untuk terus berprestasi dan mengejar cita-cita yang diinginkan," tutur Mutia di sela sela pemberian bantuan beasiswa secara simbolis.