KONSTRUKSI CAPAI 97%, HUTAMA KARYA TUNGGU ARAHAN REGULATOR UNTUK OPERASIONAL TOL PERMAI

PEKANBARU – PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) memastikan bahwa Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru - Dumai (Permai) sepanjang (131 km) secara fisik telah selesai dirampungkan 97% dan diperkirakan dapat digunakan pada awal Juni mendatang. Saat ini Hutama Karya tengah menunggu arahan dari regulator yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terkait dibukanya Tol Permai secara fungsional maupun operasional.

SEVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan mengkonfirmasi bahwa saat ini fisik pembangunan Tol Permai masuk dalam tahap penyelesaian, dan untuk dapat dibuka secara fungsional maupun operasional perlu beberapa proses yang masih harus dilalui. “Tol Permai harus melalui serangkaian proses yang ada seperti Uji Laik Fungsi (ULF) serta Audit oleh Tim PUPR, dan juga beberapa kebijakan dari pemerintah untuk tidak mudik sementara waktu sehingga menjadi pertimbangan kami, disamping arahan regulator terkait kapan waktu yang pas untuk dibukanya tol Permai secara operasional.” tegas Fauzan.

Lebih lanjut Fauzan menyampaikan bahwa Tol Permai Seksi 1 Pekanbaru – Minas sepanjang 9,5 km yang paling siap untuk digunakan secara fungsional mengingat seksi tol ini sudah dibuka pada musim mudik natal dan tahun baru (Nataru) 2019 silam. “Seksi 1 sudah siap, namun apa akan dipakai untuk mudik atau masih ditutup sesuai dengan protokol Covid-19, kembali kami akan mengikuti arahan Kementerian PUPR. Disamping itu kami juga mendukung kebijakan pemerintah guna memutus rantai penyebaran Covid-19.” Jelas Fauzan.

Perlu diketahui, bahwa progres pembangunan Tol Permai telah mencapai 97%, sisa pekerjaan terutama terdapat di seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan), saat ini masih dalam pengerjaan aspal, akibat pengadaan lahan yang sedikit terlambat.

Tol Permai merupakan sinergi Hutama Karya dengan Anak Perusahaannya yakni PT HK Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor dan PT HAKAASTON (HKA) selaku penyedia aspal. Tol Permai akan dilengkapi dengan 10 (sepuluh) tempat istirahan dan pelayanan (TIP), 5 (lima) TIP arah Kota Pekanbaru dan 5 (lima) TIP lainnya arah Kota Dumai.

Menariknya, Tol Permai juga dilengkapi oleh 6 (enam) under pass perlintasan gajah yang terletak di Seksi 2 (Sungai Tekuana) dan Seksi 4 (dekat Suaka Margasatwa Balai Raja). Hutama Karya terus memastikan bahwa pembangunan tol ini tetap memperhatikan terselamatkannya habitat gajah dengan dibangunnya underpass (terowongan) agar dapat dilintasi oleh kawanan gajah.


 SEVP of Corporate Secretary
 PT Hutama Karya (Persero)
 Muhammad Fauzan


Media Inquiry : 
Intan Zania
VP Komunikasi Korporat
PT Hutama Karya (Persero)
No Hp: 08121160408


Untuk perihal lain di luar pers dan media silahkan menghubungi email di corcomm@hutamakarya.com