Hutama Karya Memperoleh Tiga Penghargaan Teropong CSR Award 2020

JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali memperoleh penghargaan terbaru pada ajang Teropong CSR Award (TCA) 2020. Pemberian penghargaan dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom pada Rabu, 15 Juli 2020. Ajang ini merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan oleh media teropongsenayan.com kepada beberapa perusahaan BUMN dan Swasta yang telah berkontribusi dan memiliki komitmen besar dalam pelaksanaan program Corporate Social Responbility (CSR).

Dalam acara Teropong CSR Award (TCA) 2020, Hutama Karya telah berhasil meraih tiga kategori award, yaitu; Peduli Masyarakat, Peduli UMKM dan Peduli Bisnis Berkelanjutan. Penghargaan diterima langsung oleh Agus Kosasih selaku Manager CSR/PKBL di HK Tower dan diserahkan langsung oleh Ketua Panitia Teropong CSR Award 2020.

Ketua Juri TCA 2020 Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan bahwa penghargaan ini akan menjadi pendorong bagi perusahan-perusahaan di Indonesia untuk terus berinovasi, bersinergi dan meningkatkan brand mereka melalui berbagai program CSR. Program CSR tentunya akan sangat berperan dan membantu dalam upaya meningkatkan mutu serta mengembangkan kemampuan ekonomi masyarakat terutama dalam masa sulit seperti musim pandemi Covid-19 sekarang ini. Bamsoet juga menuturkan, selain meningkatkan bisnisnya, perusahaan juga harus dapat memberikan dampak bagi perekonomian, sosial dan lingkungan sekitar wilayah usaha mereka. Sekaligus berupaya memperkuat hubungan antara perusahan, pemerintah, dengan masyarakat berdasarkan prinsip saling menguntungkan (kemitraan).

Hutama Karya (Persero) telah berkomitmen untuk berkontribusi aktif dalam penanganan pencegahan pandemi Covid-19. Sebelumnya, terdapat berbagai aktivitas penyaluran bantuan yang telah direalisasikan oleh perusahaan selama pandemi Covid-19. Salah satu sektor yang terdampak cukup signifikan akibat pandemi Covid-19 adalah sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Oleh karena itu, Hutama Karya berupaya memberikan perhatian khusus bagi pemulihan UMKM yang terkena imbas pandemi Covid-19 dengan memaksimalkan penyaluran bantuan kepada mitra binaan dan UMKM lokal.

Selama pandemi hingga saat ini, Hutama Karya telah menyalurkan hampir 3 miliar rupiah kepada UMKM. Total UMKM yang dibantu yakni sebanyak 17 usaha yang tersebar di Jabobetabek dan Sumatera Utara. Harapannya melalui program penyaluran bantuan ini, Hutama Karya dapat mendorong UMKM lokal dan mitra binaan untuk dapat terus berproduksi dan menyeimbangkan daya jual usaha mereka. Berbagai UMKM di Sumatera Utara dikerahkan untuk memproduksi 23.000 pcs masker, diantaranya Alva Tailor (Gunung Sitoli, Nias), UMKM Bolang Toba (Laguboti), jaringan penjahit di Kecamatan Ajibata dan Kecamatan Balige di Toba dan Bless Konveksi di Kota Bandung.

Selain itu, PT Hutama Karya (Persero) melalui programnya berupaya mengembangkan dan  mengelola UMKM di sekitar proyek Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) kepada masyarakat  yang terdampak akibat pembangunan proyek strategis nasional sebagai upaya tanggung jawab sosial dan ekonomi agar kesejahteraan hidup masyakat sekitar dapat meningkat seiring dengan tersedianya infrastruktur yang semakin maju.

Dengan bersinergi dan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Lampung, Lembaga Dinas dan Kepala Desa setempat. Hutama Karya berupaya menopang perekonomian daerah dengan cara mengoperasionalkan beberapa rest area tepatnya di Rest Area KM 215 B dan KM 234 A ketika ruas tol sudah mulai beroperasi. Dengan adanya dukungan dari pemerintah merupakan suatu bentuk upaya perusahan untuk dapat menjalin relasi dan kepercayaan dalam rangka membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Saat ini, di Rest Area Lampung setidaknya terdapat 58 unit tenan UMKM di Rest Area 215 dan 32 unit di Rest Area 234. Diharapkan dengan adanya rasa tanggung jawab sosial dan ekonomi dari Hutama Karya, masyarakat dapat turut serta menikmati kehidupan yang memadai.

Dengan diraihnya penghargaan Terpong CSR Award (TCA) 2020 ini, mendorong PT Hutama Karya (Persero) untuk terus melaksanakan program CSR dan PKBL yang lebih baik dan bersinergi ke depannya dengan memberikan inovasi dan solusi untuk Indonesia maju.

 

#BUMNUntukIndonesia

#HutamaKaryaUntukIndonesia

#MenghubungkanKebaikanUntukIndonesiaMaju

#InovasiUntukSolusi