HUTAMA KARYA CATAT LEBIH DARI 1 JUTA KENDARAAN MELINTAS DI JALAN TOL TRANS SUMATERA SELAMA LIBUR NATARU

SUMATRA – Memasuki awal tahun 2021, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mencatat peningkatan Volume Lalu Lintas (VLL) kendaraan yang cukup signifikan terjadi di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dikelola oleh perusahaan. Evecutive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya J. Aries Dewantoro mengatakan lebih dari 1 (satu) juta kendaraan melintas di JTTS sepanjang momen Nataru kemarin, meski hari libur tanggal merah yang ditentukan oleh pemerintah tidak sepanjang biasanya. “Sejak tanggal (24/12/2020) hingga kemarin (3/1/2021) total VLL kendaraan yang melintas di JTTS mencapai 1.140.833 kendaraan. Ini merupakan akumulasi dari seluruh ruas yang ada di JTTS baik yang sudah beroperasi penuh maupun fungsional. Adapun untuk VLL kendaraan ruas fungsional yakni Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 3 (Jatho – Indrapuri) tercatat 10.862 kendaraan melintas dan untuk Medan – Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia – Marelan – Helvetia) tercatat sebanyak 160.002 kendaraan melintas selama momen Nataru tersebut,”. Lebih lanjut Aries menyampaikan bahwa puncak arus balik kendaraan yang melintas dari Pulau Sumatra kembali ke Pulau Jawa terjadi pada hari Minggu (3/1/2021) dimana tercatat 120.656 kendaraan melintas di jalur arus balik JTTS setelah sebelumnya pada hari Sabtu (2/1/2021) hanya 109.467 kendaraan yang melintas,” imbuh Aries.

Meskipun momen Natal dan Tahun Baru 2021 kali ini harus dirayakan di tengah situasi pandemi Covid-19, namun PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tetap mengoptimalkan pelayanan di jalan tol dengan penerapan protokol Covid-19 yang ketat. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat yang tetap harus bepergian dan melintasi JTTS bisa ikut merasakan suasana momen Natal dan pergantian tahun  meski sedang berada di perjalanan. 

“Kami memasang baliho, spanduk dan VMS yang bertemakan Natal di sepanjang jalan tol. Selain itu kami juga melakukan aksi simpatik pembagian souvenir kepada pengguna jalan tol bertepatan dengan pergantian tahun tepatnya pada tanggal (1/1/2021) Pukul 00.00 WIB sehingga pengguna jalan tol dapat merasakan euphoria tahun baru. Aksi simpatik ini tidak hanya dilakukan di Sumatra, melainkan juga di jalan tol kami yang ada di Pulau Jawa, salah satunya yakni Jakarta Outer Ring Road Seksi S,” terang Aries.

Tak hanya itu, selama momen Nataru kemarin Hutama Karya telah mendirikan Pos Pantau dengan dibantu oleh pihak kepolisian, TNI serta Basarnas untuk melakukan pengamanan selama 24 jam, mendirikan Pos Cek Kesehatan bekerjasama dengan Rumah Sakit sekitar, berkolaborasi dengan Telkomsel untuk mendirikan Pos Komunikasi dalam menyediakan jaringan wifi gratis serta pengecekan kondisi kendaraan gratis.

Meski operasional jalan tol masih dapat berjalan dengan baik, Hutama Karya pada prinsipnya tetap mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya dalam memperketat protokol Covid-19 di ruas tol dan Rest Area yang dikelola. “Kami mewajibkan seluruh petugas menggunakan masker, faceshield, sarung tangan, dan manset, melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di Gerbang Tol, Gedung Kantor dan Rest Area serta memberikan fasilitas cek kesehatan gratis dimana pengguna jalan tol tidak hanya di cek suhu tubuhnya, tetapi juga dapat mengecek kondisi kesehatannya, melakukan tes rapid gratis, mapun menggunakan fasilitas refreksi gratis yang ada di Rest Area,” tutup Aries, EVP Divisi OPJT Hutama Karya.

Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, berkendara dalam kondisi prima, mengecek kondisi kendaraan, memastikan kecukupan saldo UE sebelum melintas di jalan tol dan apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana didalamnya terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE, melaporkan ke Call Centre masing-masing Cabang Tol apabila terjadi tindak kejahatan di jalan tol maupun rest area, serta taat dalam menerapkan protokol Covid-19 seperti menggunakan masker dan selalu mencuci tangan pada saat bepergian keluar rumah, mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dan membatasi diri untuk keluar rumah apabila tidak ada keperluan yang mendesak.

Salam Setuju. Selamat Sampai Tujuan.

 

Sekilas Tentang Hutama Karya

PT Hutama Karya (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang Pengembang Infrastruktur dan Pengelola Jalan Tol yang menyediakan Jasa Konstruksi & EPC, Investasi Jalan Tol, Operasi Dan Pemeliharaan Jalan Tol, Manufaktur serta Pengembangan Properti dan Kawasan. Saat ini perusahaan sedang menyukseskan mandat pemerintah untuk membangun dan mengoperasikan Jalan Tol Trans Sumatera sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Dalam menjalankan visi sebagai Pengembang Infrastruktur Terkemuka Indonesia, Hutama Karya berkolaborasi dengan 3 anak perusahaannya mengoptimalkan inovasi pada setiap aspek bisnisnya agar tetap menjadi bagian penting dalam kemajuan pembangunan Infrastruktur Indonesia. Adapun ketiga anak perusahaan Hutama Karya saat ini adalah PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) di bidang jasa konstruksi, PT Hakaaston (HKA) di bidang manufaktur dan penyedia aspal beton, serta PT Hutama Karya Realtindo (HKR) di bidang pengembang properti.