GEMPA DI SULAWESI BARAT, HUTAMA KARYA SEGERA TURUNKAN BANTUAN

SULBAR – Paska gempa hebat berkekuatan 6,2 magnitudo yang mengguncang wilayah Majene dan Mamuju Provinsi Sulawesi Barat pada Jumat (15/1) pukul 01.20 WIB kemarin, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berkolaborasi dengan Satuan Tugas (Satgas) I Bencana BUMN Sulbar langsung membangun Posko Tanggap Bencana dan menyalurkan bantuan tahap pertama kepada korban yang terdampak.

Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto menyatakan bahwa perusahaan telah menerjunkan personil melalui tim proyek yang berada di wilayah Sulawesi Barat untuk segera membantu para korban bekerjasama dengan pemerintah setempat. “Kami turut prihatin atas bencana yang menimpa saudara-saudara kita, dan saat ini kami tengah berupaya maksimal untuk dapat membantu setidaknya memenuhi kebutuhan pokok para korban yang terdampak. Sementara ini kami telah mengirimkan kebutuhan pokok yang mendesak seperti makanan instan, biskuit, air mineral, selimut, hingga obat-obatan. Tak hanya itu, kami juga menyiapkan alat berat seperti excavator, buldoser, dump truck  yang telah diberangkatkan dari proyek Hutama Karya yaitu Bendungan Kalukku di Kab. Mamuju, yang akan digunakan untuk membantu membersihkan daerah yang terdampak gempa. Seluruh bantuan tahap pertama tersebut sudah tiba dan tersalurkan di lokasi bencana pada Sabtu (16/1) pagi tadi,” ujar Budi.

Lebih lanjut Budi menjelaskan bahwa Hutama Karya bersinergi dengan beberapa BUMN berkomitmen untuk terus hadir dan bekerja sama serta berkordinasi dengan Dinas Sosial Sulbar & BPBD setempat.  Hal ini dilaksanakan demi mengantisipasi potensi bencana seperti gempa susulan yang mungkin terjadi. "Kami, baik secara internal maupun bersama rekan-rekan BUMN lain akan terus siaga. Semoga para korban mendapatkan penanganan terbaik. Kami siap hadir sepenuh hati," tutup Budi Harto, Direktur Utama Hutama Karya. Diharapkan dengan adanya bantuan yang diberikan, masyarakat lebih diringankan untuk musibah yang diterimanya.

Sekilas Tentang Hutama Karya

PT Hutama Karya (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang Pengembang Infrastruktur dan Pengelola Jalan Tol yang menyediakan Jasa Konstruksi & EPC, Investasi Jalan Tol, Operasi Dan Pemeliharaan Jalan Tol, Manufaktur serta Pengembangan Properti dan Kawasan. Saat ini perusahaan sedang menyukseskan mandat pemerintah untuk membangun dan mengoperasikan Jalan Tol Trans Sumatera sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Dalam menjalankan visi sebagai Pengembang Infrastruktur Terkemuka Indonesia, Hutama Karya berkolaborasi dengan 3 anak perusahaannya mengoptimalkan inovasi pada setiap aspek bisnisnya agar tetap menjadi bagian penting dalam kemajuan pembangunan Infrastruktur Indonesia. Adapun ketiga anak perusahaan Hutama Karya saat ini adalah PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) di bidang jasa konstruksi, PT Hakaaston (HKA) di bidang manufaktur dan penyedia aspal beton, serta PT Hutama Karya Realtindo (HKR) di bidang pengembang properti.