SAMBUT HARI PELANGGAN NASIONAL, RATUSAN KARTU TOL GRATIS DARI HUTAMA KARYA BAGI PENGGUNA JALAN

JAKARTA – Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang diperingati setiap tanggal 4 September, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) sebagai salah satu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Indonesia turut memeriahkan perayaan harpelnas tersebut. Tahun ini sebagai bentuk apresiasi Hutama Karya kepada para pengguna jalan tol adalah dengan membagikan sebanyak 700 kartu e-toll berisi saldo senilai 100 ribu rupiah secara gratis kepada pengguna jalan tol, dengan masing-masing 100 buah di setiap ruas tol yang dikelolanya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam pelaksanaannya, pembagian kartu e-toll ini dilakukan serentak pada tanggal 4-5 September di seluruh ruas tol baik di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) maupun di ruas tol Jakarta Outer Ring Road Seksi S (JORR-S) dan Tol Akses Tanjung Priok (ATP) dan dipimpin langsung oleh masing-masing Branch Manager dari setiap ruas tol.

Khusus di ruas JORR-S, bertempat di Gerbang Tol (GT) Pasar Rebo Utama, kegiatan Harpelnas Hutama Karya dipimpin langsung oleh Executive Vice President (EVP) Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro. Direktur Operasi 1 Hutama Karya Suroto mengatakan bahwa selain membagikan kartu elektronik, perusahaan juga membagikan berbagai jenis souvenir lainnya yang berbeda di setiap ruas tolnya, seperti tongkat e-toll, kartu ucapan dan masker di ruas JORR-S, goodie bag yang berisikan handsanitizer, masker, faceshield, dan kartu ucapan di ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 4 dan lainnya. Selain itu kami juga menyapa pelanggan kami di Hari Pelanggan Nasional secara langsung maupun melalui spanduk dan Variable Message Sign (VMS) di seluruh ruas tol yang dikelola. “Meskipun dalam keadaan sulit di tengah pandemi Covid-19 ini, Hutama Karya tetap berupaya membuat pelanggan khususnya pengguan jalan tol merasakan euphoria harpelnas. Ini merupakan apresiasi dan ucapan terima kasih karena telah menjadi pelanggan setia jalan tol yang kami kelola.” ujar Suroto.

Lebih lanjut Suroto mengungkapkan bahwa dari sisi pelayanan, berdasarkan hasil survey kepuasan pelanggan tahun 2019 oleh PT Sucofindo (Persero) (Sucofindo), Customer Satisfaction Index (CSI) dari pengguna jalan tol yang dikelola Hutama Karya meningkat dari tahun sebelumnya (pada tahun 2019 di angka 89,6%). Hal ini menjadi acuan Hutama Karya untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan di tahun-tahun berikutnya. “Hutama Karya terus melakukan optimasi dan perbaikan pada implementasi pelayanan optimal sesuai Standar Pelayanan Minimum (SPM). Kami selalu menekankan SPM dalam setiap pelayanan yang kami berikan, saat ini kami juga sedang menekankan 3S (Senyum, Sapa, Salam) di seluruh ruas tol yang kami kelola demi kenyamanan pengguna jalan pada saat melintas di Jalan tol yang kami kelola.” Imbuh Suroto.

Meski operasional jalan tol masih dapat berjalan lancar, Hutama Karya pada prinsipnya tetap mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya dalam memperketat protokol Covid-19 di ruas tol dan Rest Area yang dikelolanya. “Kami mewajibkan seluruh petugas tol selalu menggunakan masker, faceshield, sarung tangan, dan manset, melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di gerbang tol, gedung kantor, tempat istirahat dan selalu menerapkan protokol kesehatan.” tutup Suroto, Direktur Operasi 1 Hutama Karya.

Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum melintas di jalan tol dan apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana didalamnya terdapat fitur cek saldo UE dan juga dapat melakukan top up saldo UE. Serta mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, selalu berhati-hati dan tetap menjaga kecepatan berkendara maksimum di 100 km/jam, mengecek kondisi kendaraan sebelum berkendara di jalan tol dan berkendara dalam kondisi prima.