BENTUK SOLIDARITAS DAN SEMANGAT GOTONG ROYONG ATASI DAMPAK COVID-19, PEGAWAI HUTAMA KARYA SISIHKAN GAJI SELAMA 3 BULAN

JAKARTA – Semakin meluasnya penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) atau yang lebih dikenal dengan virus corona di Indonesia membuat tenaga medis harus bekerja lebih keras dengan kondisi terbatas. Sulitnya mendapatkan Alat Pelindung Diri (APD), ventilator, dan berbagai alat kesehatan lainnya menjadi landasan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mengajak seluruh pegawainya untuk menyisihkan sebagian gaji guna membantu memenuhi kebutuhan Rumah Sakit dan tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan wabah ini.

Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan mengatakan bahwa partisipasi penyisihan gaji melalui program penggalangan dana Hutama Karya Menghubungkan Kebaikan, merupakan bentuk kepedulian seluruh Insan Hutama Karya untuk membantu seluruh tenaga kesehatan yang sedang berjuang di baris depan untuk menuntaskan penyebaran virus corona. “Melalui program solidaritas ini, seluruh pegawai Hutama Karya menyisihkan sebagian dari gaji bulanan mereka selama 3 bulan yang dimulai sejak bulan April hingga Juni mendatang,” ujarnya. Besaran gaji yang disisihkan tergantung dari level jabatan pegawai yang bersangkutan. “Untuk level Direksi menyisihkan 30% dari gaji pokok, BOD-1 sebesar 15% dari gaji pokok, sedangkan untuk level VP hingga Officer besarannya adalah sukarela,” imbuhnya.

Lebih lanjut Fauzan menyampaikan terkait kebijakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bahwa Direksi, Dewan Komisaris/Dewan Pengawas, tidak diberikan Tunjangan Hari Raya (THR) tahun 2020, sehingga alokasi biaya yang diperuntukkan THR tersebut akan juga dipergunakan untuk kegiatan dan atau donasi kemanusiaan terkait penanggulangan Covid-19. “Tahun ini anggaran THR untuk Dewan Komisaris dan Direksi Hutama Karya juga dialokasikan untuk penanganan Covid-19, termasuk juga akan diterapkan di anak perusahaan dan afiliasi yang terkonsolidasi.” terang Fauzan.

Seluruh hasil donasi yang terkumpul dari program ini nantinya nantinya akan disalurkan Hutama Karya dalam berbagai bentuk ke Rumah Sakit rujukan Covid-19 mulai dari Jakarta sebagai pusat epidemi, pulau Sumatra yang dekat dengan proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ataupun daerah lainnya yang dekat dengan wilayah proyek yang dikerjakan oleh Hutama Karya. “Melalui hasil donasi yang terkumpul, kami akan salurkan kedalam berbagai bentuk mulai dari kebutuhan medis seperti APD, masker, hingga ventilator, maupun kebutuhan non-medis seperti makanan, tempat tinggal, dan keperluan lainnya,”

Dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 ini, Hutama Karya berkomitmen untuk membantu upaya pemerintah dalam menangani wabah yang tengah melanda saat ini. Sebelumnya, Hutama Karya melalui program CSR nya telah menyalurkan terlebih dahulu ribuan APD dan Masker bagi tenaga medis yang tersebar di berbagai RS di Jakarta hingga Sumatra. “Manajemen Hutama Karya sangat peduli terhadap wabah yang saat ini merebak ditengah kita dan Alhamdulillah seluruh pegawai Hutama Karya ingin berpartisipasi, juga mendukung penuh program ini. Mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat membantu petugas medis di rumah sakit dalam memerangi Covid-19,” jelas Fauzan.

Ahmad Maulana, Officer Komunikasi Korporat Hutama Karya mengaku bahwa ia tidak keberatan terhadap program yang dilakukan oleh perusahaan. “Selama tujuannya jelas, saya mendukung penuh kebijakan perusahan. Hitung-hitung sebagai bentuk kontribusi kita ditengah pandemi ini,” ungkapnya. Pegawai hutama karya lainnya, Muhammad Ashar, Asisten Manajer Divisi Pengembangan Bisnis & Investasi juga menyatakan dukungannya terhadap program ini. “Sistemnya pemotongannya bagus dimana ada level tertentu yang dipatok berapa persennya, sedangkan sisanya bisa secara sukarela. Informasi penyaluran dananya pun cukup transparan dari manajemen,” ujar Ashar.  Di level pegawai senior, Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI), Alfa Haga Rachmady juga mendukung penuh program ini. “Bagi saya yang penting kita bisa membantu tenaga medis yang berjuang di garda depan. Semoga mereka diberikan kesehatan selalu,” pungkasnya.

Penyaluran bantuan oleh Hutama Karya ini tidak akan berhenti sampai disini. Hutama Karya akan terus menyalurkan bantuan dalam bentuk APD lengkap, masker, kacamata, hand sanitizer, penyemprotan disinfektan dan lainnya yang dbutuhkan baik untuk tenaga medis maupun daerah di sekitar wilayah proyek Hutama Karya berada.


Untuk perihal lain di luar pers dan media silahkan menghubungi email di corcomm@hutamakarya.com