ANUGERAH HUTAMA 2020, APRESIASI HUTAMA KARYA BAGI PEWARTA MEDIA DAN INSAN FOTOGRAFI

JAKARTA – Menyambut hari jadinya yang ke 59, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) untuk pertama kalinya menggelar ajang kompetisi dan apresiasi bagi pewarta media dan insan kreatif di seluruh Indonesia bertajuk Anugerah Hutama 2020. Menjadi pioneer untuk penyelenggaraan di tahun-tahun mendatang, Anugerah Hutama 2020 mengangkat tema besar “Menghubungkan Kebaikan melalui Pembangunan Infrastruktur” dengan tiga sub tema antara lain:

  1. Infrastruktur sebagai penghubung kebaikan untuk Indonesia Maju.
  2. Jalan Tol Trans Sumatra Sebagai Roda Penggerak Ekonomi dan Pariwisata di Sumatera.
  3. Menilik Peran Hutama Karya dalam Pembangunan Infrastruktur di Indonesia.

Digelar dengan periode kompetisi selama 1 (satu) bulan penuh sejak Senin (9/3) hingga Senin (6/4), Anugerah Hutama 2020 terdiri dari empat kategori perlombaan. Senior Executve Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya sekaligus Ketua Anugerah Hutama 2020, Muhammad Fauzan menyampaikan bahwa empat kategori perlombaan yang terbagi atas 3 (tiga) kategori untuk pewarta media/jurnalis dan 1 (satu) kategori yang dibuka untuk umum. “Jadi ada karya jurnalistik di media cetak, media online, dan jurnalistik foto, semuanya untuk jurnalis saja. Sedangkan satu kategori yang dapat diikuti oleh masyarakat umum se Indonesia adalah kompetisi foto dengan juri yang kredibel. Total hadiahnya mencapai 173 juta rupiah,” ujar Fauzan menjelaskan.

Saat ini, infrastruktur dapat dikatakan sebagai bagian yang penting bagi sebuah negara, terutama di Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Pembangunan infrastruktur dapat membawa berbagai manfaat bagi Indonesia. Pengaruh infrastruktur pada perekonomian negara dapat dilihat pada publikasi yang berjudul World Development Report. Publikasi ini dikeluarkan oleh World Bank pada tahun 1994 yang mengatakan bahwa kenaikan infrastruktur sebesar satu persen saja dapat menyebabkan pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto) sebesar 7% sampai 44%, kisaran angka yang sangat signifikan jika dapat dimaksimalkan.

Peningkatan tersebut terjadi karena turunnya biaya logistik, terbangunnya fasilitas publik  seperti  fasilitas kesehatan, pendidikan dan prasarana lainnya, penciptaan lapangan kerja,  hingga terhubungnya konektivitas darat, laut, hingga udara adalah sebagian potret  efek dari pembangunan infrastruktur. Pentingnya pembangunan infrastrutur untuk kemajuan Indonesia, tentunya menyebabkan isu dan berita mengenai infrastruktur sangat dibutuhkan dimana hal ini sejalan dengan visi Presiden RI, Jokowi menuju Indonesia Maju.

Hal ini lah yang menjadi landasan Hutama Karya untuk menyelenggarakan Anugerah Hutama 2020. “Kami berharap melalui ajang ini tentunya akan banyak tulisan dan publikasi positif yang dapat mengedukasi masyarakat khususnya mengenai pentingnya pembangunan infrastruktur untuk menghubungkan berbagai daerah agar terbuka konektivitas yang dapat berdampak pada tumbuhnya perekonomian yang merata di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Fauzan, SEVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya menambahkan.

Untuk informasi lengkap mengenai Anugerah Hutama 2020 dapat diakses melalui link berikut: http://bit.ly/AnugerahHutama2020

 

SEVP of Corporate Secretary

PT Hutama Karya (Persero)

Muhammad Fauzan


Untuk perihal lain di luar pers dan media silahkan menghubungi email di corcomm@hutamakarya.com