Berita Perusahaan

H+3 NATAL, VOLUME LALIN DI TOL TRANS SUMATRA MASIH MENINGKAT

event29 December 2019

LAMPUNG– Hingga hari ketiga pasca libur natal, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mencatat sebanyak 838.707 kendaraan telah melintasi Jalan Tol Trans Sumatra, baik yang sudah beroperasi maupun yang fungsional, dan diperkirakan angka tersebut akan tetap meningkat dikarenakan waktu liburan yang masih cukup panjang.

Volume kendaraan pada tanggal 28 Desember 2019 mengalami peningkatan pada setiap ruas, khususnya pada Gerbang Tol (GT) Kayu Agung yang sebelumnya pada tanggal 27 Desember mendapati jumlah 164.665 ribu pengendara lalu pada tanggal 28 Desember 2019. Angka jumlah pengendara mengalami peningkatan dengan jumlah 188.995 ribu, memiliki selisih peningkatan hingga 24.330 ribu pengendara. Lalu di susul oleh GT Bakauheni yang memiliki jumlah pengendara 147.197 ribu pengendara dengan selisih peningkatan sebanyak 16.615 ribu pengendara.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J.Aries Dewantoro menerangkan bahwa antusias pengguna jalan tol yang melintas di JTTS baik dari arah Lampung menuju Palembang maupun sebaliknya, mengalami peningkatan signifikan hingga 24.330 kendaraan. 
Pada GT Palembang juga didapatkan jumlah volume kendaraan sebanyak 91.346 Ribu kendaraan dengan jumlah selisih peningkatan sebanyak 8.966 Ribu Kendaraan yang melintas, disusul juga GT Indralaya yang memiliki jumlah kendaraan sebanyak 90.627 Ribu dengan memiliki selisih peningkatan sebesar 8.749 Ribu Pengendara, hal ini tentunya akan terus mengalami kenaikan hingga selesainya liburan Nataru.

Naik ke utara, tepatnya di Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Seksi I yang telah dibuka fungsional sejak 23 Desember lalu juga mengalami peningkatan volume kendaraan yaitu sebanyak 4.389 kendaraan sehingga jika diakumulasikan Hutama Karya mencatat ada 22.895 kendaraan pribadi yang melintas melalui GT Pekanbaru.

“Hari ini meningkat cukup signifikan dari angka akumulasi kendaraan melintas yaitu 22.895 kendaraan di tanggal 28 Desember kemarin,” ujar Aries.

Peningkatan juga dirasakan pada GT Binjai yang tempo hari pada tanggal 27 Desember jumlah kendaraan yang keluar & masuk mencapai angka 151.222 ribu. Kendaraan terhitung sampai tanggal 28 Desember kendaraan yang masuk mencapai 171.637 ribu pengendara. Hal ini menyatakan bahwa selisih peningkatan sebesar 20.415 Pengendara yang keluar masuk GT Binjai. Lebih lanjut, Aries juga memprediksi bahwa puncak arus balik pada Jalan tol Trans Sumatra akan terjadi pada tanggal 1 Januari 2020 nanti.

Guna menghindari penumpukan pada gerbang tol, Hutama Karya menghimbau untuk para pengguna jalan tol khususnya Jalan Tol Trans Sumatra agar menyiapkan saldo uang elektroniknya dengan cukup, sehingga transaksi di gerbang tol bisa berjalan lancar. Karena dengan saldo uang elektronik yang tidak cukup dapat mengakibatkan terganggunya pengendara dibelakang sehingga menyebabkan antrian. Selain itu pengguna Jalan Tol Trans Sumatra dapat mengunduh aplikasi HK TOLL Apps yang bisa diunduh pada Google Play Store

. “Dengan aplikasi ini para pengguna tol dapat memeriksa CCTV pada jalanan yang ingin dilewati. Selain itu juga dapat mengetahui informasi Rest Area terdekat yang dapat disinggahi,” imbuh Aries.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan terbaik di JTTS, Hutama Karya membagikan secara cuma cuma itu buku saku kampanye Selamat Sampai Tujuan (SETUJU) di setiap Gerbang Tol yang berisikan potensi-potensi di sekitar Gerbang Tol JTTS seperti rumah sakit, penginapan, tempat makan, SPBU, dan lokasi wisata. Informasi tersebut dilengkapi nomor telepon yang hendak dituju. Selain itu, buku saku juga berisikan konten “How To” seperti, gerakan- gerakan untuk menghilangkan penat, senam 5 menit untuk menghilangkan kantuk, dan lain-lain. Informasi juga dilengkapi cara memeriksa kendaraan yang penting dilakukan berkendara jarak jauh.

SEVP of Corporate Secretary

PT Hutama Karya (Persero)

Muhammad Fauzan 

Media Inquiry : Intan Zania Vice President of Corporate Communication Phone: 0218103708 ext. 504 Email : Intan.Zania@hutamakarya.com 

Untuk perihal lain di luar pers dan media silahkan menghubungi email di corcomm@hutamakarya.com