Berita Perusahaan

MENJELANG AKHIR TAHUN 2019, HUTAMA KARYA TERUS GENJOT PEMBANGUNAN JALAN TOL TRANS SUMATERA

event02 December 2019


JAKARTA– Diresmikannya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189km, menambah panjang daftar ruas tol Trans Sumatera yang beroperasi. Menyambung dari ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan Panjang 140km, Lampung hingga Kayu Agung, Palembang kini dapat ditempuh dalam waktu rata-rata 4-5 jam saja.

Tidak hanya fokus pembangunan konstruksi di Selatan pulau Andalas, Sumatera, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) juga terus membangun ruas-ruas prioritas lainnya, sehingga nantinya pada 2024, Lampung hingga Aceh sepanjang 2.765km yang terdiri dari 24 ruas dapat tersambung dan beroperasi dengan penuh.

Ditemui di Pekanbaru, Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan menyampaikan bahwa ruas tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131km ditargetkan tuntas pembangunan konstruksinya dan siap beroperasi pada Maret 2020.

“Panjang keseluruhan ruas tol Pekanbaru-Dumai 131km yang terbagi menjadi 6 seksi, dengan progress pembangunan konstruksi rata-rata mencapai 77 persen. Seksi 1 sepanjang 9,50km insyaaAllah bisa selesai akhir tahun 2019 ini”, jelas Fauzan.

Lebih lanjut Fauzan menambahkan, bahwa seksi 2, 3 dan 4 masih dalam tahap penyelesaian pembebasan lahan keseluruhan, sedangkan seksi 5 dan 6 pembebasan lahan telah selesai sehingga dapat dikebut untuk pembangunan konstruksinya.

Tidak hanya hanya membangun fisik jalan tol saja, uniknya, Hutama Karya juga membangun enam perlintasan gajah di ruas tol Pekanbaru-Dumai ini, tepatnya di seksi empat yaitu daerah Kandis Utara dan Duri Selatan. Riau sendiri memiliki populasi gajah Sumatera yang merupakan satwa yang dilindungi, saat ini tersisa 210 ekor pada tahun 2007. Pembangunan Perlintasan Gajah ini dilakukan karena daerah tersebut merupakan daerah jelajah gajah, dimana nantinya setelah rampung, perlintasan tersebut akan di naturalisasi, dikembalikan seperti semula, dengan ditanami tanaman yang disukai oleh gajah.

Turun ke bagian Selatan, Ruas tol Padang-Pekanbaru sepanjang 255km juga telah dimulai pembangunan konstruksi tepatnya pada ruas Padang-Sicincin (seksi 5) sepanjang 29km

“Saat ini dalam tahap pembebasan lahan dan diharapkan pada 2020 kita dapat melakukan pembangunan konstruksi penuh”, terang Fauzan.

Adapun ruas tol paling atas di Sumatera yaitu Sigli-Banda Aceh sepanjang 74km saat ini juga masih dalam tahap pembebasan lahan dan pembangunan konstruksi.

“Pembebasan lahan di Seksi 4 sepanjang 13,5km ruas Indrapuri-Blang Bintang sendiri, hampir tuntas, sehingga konstruksinya ditargetkan selesai pada akhir tahun 2019 ini”, lanjut Fauzan.

Hingga hari ini, Hutama Karya telah membangun 469,5km Jalan Tol Trans Sumatera, dimana 179 km sudah beroperasi penuh yakni ruas Bakauheni- Terbanggi besar sepanjang 140km, ruas Medan-Binjai beroperasi sebagian sepanjang 13km, dan ruas Palembang-Indralaya sepanjang 22km; sedangkan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189km masih beroperasi tanpa berbayar.


Sekretaris Perusahaan

PT Hutama Karya (Persero)

Muhammad Fauzan


Media Inquiry:

Intan Zania

Phone: 0218103708 ext. 504

Email : Intan.Zania@hutamakarya.com

Untuk perihal lain di luar pers dan media silahkan menghubungi email di corcomm@hutamakarya.com