Berita Perusahaan

SMN 2019 HADIR KEMBALI, SINERGI BUMN KIRIM SISWA RIAU KE YOGYAKARTA

event30 July 2019

PEKANBARU – Menyambut peringatan hari kemerdekaan RI ke 74, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali menyelenggarakan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Kegiatan SMN ini merupakan bagian dari program “BUMN Hadir Untuk Negeri” (BHUN) yaitu program khusus Kementerian BUMN yang bertujuan sebagai bentuk bakti dan tanggung jawab kepada negeri yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Tahun ini, PT Hutama Karya (Persero), ‘Hutama Karya’ diberikan amanah oleh Kementerian BUMN sebagai PIC utama kegiatan SMN di Provinsi Riau berkolaborasi dengan BUMN lainnya yaitu PT Permodalan Nasional Madani (Persero), ‘PMN’ dan PT Perkebunan Nusantara V, ‘PTPN V’.

Bertempat di Fave Hotel, Pekanbaru, pada kamis (25/7) kegiatan seleksi Pertukaran Siswa Mengenal Nusantara 2019 Provinsi Riau secara resmi dibuka oleh Widyaiswara Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Drs. Khalis Binsar, MM dan ditutup esok harinya oleh Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan. Tahun ini terdapat 38 siswa yang berasal dari 12 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau. Dua siswa diantaranya berasal dari SLBN Bangkinang dan SLBN Pelalawan yaitu Dina Silmi dan Yusro Fahmi yang didampingi oleh guru pendamping masing-masing.

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya menerangkan bahwa tahun ini Hutama Karya, Bersama PMN dan PTPN V cukup selektif dalam memilih calon kandidat peserta SMN 2019 di Riau. Selain memiliki pengetahuan umum yang baik, wawasan kebangsaan serta attitude yang baik, juga menjadi pertimbangan bagi kelulusan para siswa. “Jadi tahun ini kami menyeleksi sekitar 38 siswa dimana mereka harus melewati tiga tahap seleksi yaitu tes tertulis mengenai ilmu pengetahuan dasar, tes wawancara, serta yang tak kalah penting yaitu unjuk minat & bakat selama 2 hari di tanggal 25 s/d 26 Juli 2019. Kami benar-benar ingin mendapatkan bibit unggul karena nantinya, mereka akan membawa nama Provinsi Riau, serta juga akan dikenalkan dengan budaya Yogyakarta,” ujar Fauzan di sela-sela proses seleksi. 

“Setelah melalui berbagai pertimbangan dan persaingan yang cukup ketat, kami memutuskan untuk memulangkan 8 siswa untuk kembali ke sekolah masing-masing dan menyatakan 30 siswa lainnya lolos sebagai peserta SMN Provinsi Riau tahun 2019 yang akan diberangkatkan ke DI Yogyakarta pada tanggal 14 Agustus 2019 nanti. Namun kami sangat mengapresiasi partisipasi para siswa/i yang luar biasa dalam kegiatan SMN ini,” pungkas Fauzan menambahkan.

Seperti diketahui Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) adalah kegiatan pertukaran pelajar dari 34 Provinsi di Indonesia yang difasilitasi penuh oleh BUMN di Indonesia. Program ini melibatkan siswa kelas SMA/SMK/SLB di masing-masing provinsi di Indonesia yang bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa, memperkenalkan keragaman kekayaan nusantara dan potensi daerah di Indonesia melalui interaksi langsung siswa dengan komponen Pemerintahan/BUMN dan masyarakat di Provinsi yang dikunjungi, serta mengenalkan BUMN dengan kegiatannya dalam membangun negeri kita ini. Dalam program ini para siswa juga akan diberikan bekal untuk meningkatkan rasa nasionalisme melalui kegiatan bela negara bersama Tentana Nasional Indonesia (TNI).

Widyaiswara Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Khalis Binsar mengungkapkan bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Riau sangat berterima kasih kepada BUMN yang melaksanakan program ini. “Harapan kami, peserta SMN Riau yang terpilih nanti dapat mengembangkan wawasan dan kemampuannya untuk belajar budaya, bahasa, dan adat di Daerah Istimewa Yogyakarta sana. Ini merupakan modal bagi mereka untuk cinta kepada bangsa sendiri.,” terang Khalis di saat membuka kegiatan.

Kepada 30 siswa terpilih, Muhammad Fauzan menyampaikan agar mereka dapat mempersiapkan diri sebelum berangkat mengikuti program pada pertengahan Agustus nanti. Kegiatan seleksi Program SMN Provinsi Riau 2019 ini ditutup secara resmi pada Jum’at (26/7).