Berita Perusahaan

HUTAMA KARYA LANJUTKAN PEMBANGUNAN TOL TRANS SUMATERA, BENGKULU SEGERA MILIKI TOL PERTAMA

event15 March 2019

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Hutama Karya, melanjutkan tugas pembangunan Tol Tran Sumatera yaitu Ruas Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu sepanjang 96 km.

Jalan tol ini akan menjadi jalan tol bebas hambatan pertama yang dimiliki oleh warga Bengkulu dan membentang dari Lubuk Linggau di Propinsi Sumatera Selatan menuju Propinsi Bengkulu.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, bersama dengan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah,  menyaksikan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) yang dilakukan oleh Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Bintang Perbowo dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit pada Jumat (15/3) bertempat di Balai Raya Semarak, Bengkulu.

Turut menemani dalam rombongan adalah Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero), Sugeng Rochadi, Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Muhammad Fauzan, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu dan pejabat lainnya.

Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo menyampaikan bahwa tol ini akan membantu lalu lintas dari Bengkulu ke sejumlah wilayah lain di sebelah timur pulau Sumatera.

“Bengkulu kan di laut selatan, terbuka di sini. Yang bersandar kapal besar semua. Kalau jalannya kecil, bagaimana barang dari kapal-kapal besar bisa diangkut ke tengah” jelas Bintang.

 

Adapun total nilai investasi pembangunan jalan tol ini akan mencapai Rp 33,12 Triliun yang bersumber dari Penyertaan Modal Negara dan pinjaman perbankan, lanjut Bintang.

 

Selain ruas tol tersebut, Hutama Karya juga akan membangun 2 ruas tol lainnya yaitu ruas Indralaya – Muara Enim dengan Panjang 88 km dan ruas Muara Enim – Lubuk Linggau sepanjang 125 km.

 

Hingga hari ini, Hutama Karya tengah membangun 604 km Jalan Tol Trans-Sumatera, dengan 172 km Jalan Tol Trans-Sumatera yang sudah beroperasi penuh. Setelah diresmikannya ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, ditargetkan dalam waktu dekat ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km dapat dikebut pengerjaannya dan selesai pada bulan April tahun 2019. Sehingga diharapkan pada pertengahan tahun 2019 tersebut seluruh ruas tol dari Lampung hingga Palembang dapat tersambung seutuhnya dan dinikmati oleh masyarakat untuk mudik lebaran.