Berita Perusahaan

PEDULI SESAMA, HUTAMA KARYA BANTU DUA PANTI SOSIAL DI CIPAYUNG

event13 March 2019

Cipayung - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58, PT Hutama Karya (Persero) menggelar tasyakuran dengan berkunjung serta berbagi kebahagiaan di dua panti sosial, yakni Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 1 dan Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa di kawasan Cipayung, Jakarta Timur.

Manajer Senior PKBL, CSR dan Protokoler PT Hutama Karya (Persero) M. Izzan Zubair mengungkapkan aksi sosial tersebut sebagai bentuk rasa syukur dimana Hutama Karya telah memasuki usia ke-58 tahun. Selain mencari keuntungan yang diberikan kepada negara untuk pembangunan nasional, Hutama Karya juga bertanggung jawab secara sosial kepada masyakarakat sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Setiap tahun kita berbagi kepada masyarakat, salah satunya ke panti sosial ini. Kebetulan kantor pusat Hutama Karya berlokasi di Cawang, Jakarta Timur jadi kami melihat banyak panti-panti sosial di daerah ini, nantinya setiap tahun kami akan mengadakan kunjungan ke panti-panti tersebut,” ungkap Izzan dalam sambutannya di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 1 , Jakarta, Rabu (13/3) pagi.

Untuk area di luar Jakarta, lanjut Izzan, seperti di Pulau Sumatera dan lain-lain, PT Hutama Karya juga memberikan bantuan berupa perbaikan infrastruktur sekolah. “Kami memberikan bantuan juga di Kendal berupa membangun infrastruktur sekolah. Kemudian kita juga memberikan bantuan juga di Tangerang, Medan, dan beberapa tempat yang berkaitan dengan proyek Hutama Karya,” tambah dia.

Hutama Karya membagikan sejumalah fasilitas yang dibutuhkan bagi para penghuni di kedua panti tersebut berupa tempat tidur, mesin cuci, kasur, makanan, serta uang operasional yang bisa digunakan untuk melengkapi keperluan-keperluan lainnya. “Karena tadi kami gali juga apa yang menjadi kebutuhan mereka sehingga kami bisa lakukan dengan baik,” lanjut Izzan.

Izzan berharap dengan adanya aksi sosial dari PT Hutama Karya ini bisa meringankan beban serta membantu masyakarat untuk bisa berbagi kebahagiaan bersama dengan para penghuni panti. Selain itu, dia juga berharap agar Hutama Karya ke depan semakin lebih baik lagi.

“Berbagi kasih ini sebagai wujud rasa syukur kami kepada Yang Maha Kuasa. Hutama Karya ini merupakan perusahaan negara. Selain kita berkontribusi terhadap pajak dan deviden, kita juga ada aksi sosial. Kebetulan sosial ini kita berfokus pada infrastuktur pendidikan, kesehatan, serta sosial kemasyarakatan,” terangnya.

Kepala Satuan Pelaksana Pembinaan Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 1, Dyan Windanarum mengucapkan rasa terima kasihnya kepada PT Hutama Karya (Persero) atas bantuan yang telah diberikan untuk para penghuni panti yang terdiri dari orang tua lansia.

“Kami berterima kasih sekali kepada PT Hutama Karya atas perhatiannya, mudah-mudahan apa yang telah diberikan oleh Hutama Karya memberikan keberkahan dan kesuksesan bagi PT Hutama Karya sendiri,” ungkap Dyan.

Tahun lalu, jumlah penghuni panti sosial ini tercatat sebanyak 210 lansia, namun sekarang sudah mencapai 250 lansia yang ditampung.

“Alhamdulillah hari ini kita mendapatkan bantuan berupa tempat tidur, serta alat-alat kebersihan dan lainnya. Sekarang kakek-nenek bisa tidur dengan nyaman di tempat tidur, setelah sebelumnya hanya menggunakan tikar karena kekurangan fasilitas untuk tidur,” ujarnya di hadapan para penghuni panti.

Sementara itu, Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa Ucu Rahayu juga mengungkapkan terima kasih kepada PT Hutama Karya (Persero). “Selamat datang di panti anak, terima kasih atas kehadiran Bapak Ibu dari PT Hutama Karya dalam rangka tasyakur ulang tahun yang ke-58," ungkap Ucu Rahayu.

"Saya tahu bahwa Hutama Karya perusahaan BUMN bukan skala nasional lagi, tapi sudah internasional karena proyeknya ada dimana-mana. Saya salut bisa memilih untuk melakukan bakti sosial dimana saja untuk berbagi,” lanjutnya

Kegiatan sosial ini merupakan program HUT bersama antar Kementerian BUMN serta perusahaan BUMN yang berulang tahun di bulan Maret. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Hutama Karya mengeluarkan Padat Karya Tunai bersama dengan BUMN lainnya sesuai ketetapan dari Kementerian BUMN.