Aktivitas PKBL Hutama Karya

Sinergi BUMN, Hutama Karya Hadir Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir di Tanggerang Selatan

event04 January 2020

Tanggerang Selatan - Paska hujan lebat yang mengguyur ibukota sehingga mengakibatkam banjir yang menimpa sebagian besar wilayah Provinsi DKI Jakarta hingga Kamis (2/1), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berkolaborasi dengan PT Bank Mandiri (Persero), Tbk. (Mandiri), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN), dan PT Taspen (Persero) (Taspen) menyalurkan bantuan tahap
pertama kepada korban yang terdampak banjir di beberapa titik di wilayah tersebut. Bantuan diserahkan langsung kepada korban terdampak secara serentak pada Jumat, (3/1) kemarin.

Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan menyatakan bahwa berdasarkan jumlah data Dinas Sosial Tanggerang Selatan masyarakat yang membutuhkan bantuan diantaranya kurang lebih 800 orang dan anak usia balita sampai dengan 10 tahun kurang lebih 1500 orang tersebar kedalam berbagai titik pengungsian di 7 Kecamatan diantaranya Kecamatan Ciputat, Kecamatan Ciputat timur, Kecamatan Pondok Aren, Kecamatan Pamulang, Kecamatan Serpong Utara, Kecamatan Serpong, Kecamatan Setu. Hutama Karya sendiri bertanggung jawab untuk fokus menyalurkan bantuan di Kecamatan Ciputat dan Ciputat Timur. “Kami turut prihatin atas bencana yang menimpa saudara-saudara kita, dan kami berupaya maksimal untuk dapat membantu korban yang terdampak banjir khususnya di Kelurahan Jelupang, Pondok Pakulonan, Ponjati, Lengkong Karya, Pondok Jagung, Pakualam, dan Pakujaya. Sementara ini dari pantauan tim lapangan, banjir di Pondok Pakulonan adalah yang paling membutuhkan bantuan,” ujar Muhammad Fauzan.

Pada tahap pertama ini, Sinergi BUMN memberikan donasi dengan total nominal sebesar Rp 120.000.000,- yang disalurkan dalam bentuk makanan dan minuman serta barang barang sandang lainnya.

Sementara itu, Vice President CSR/PKBL & Protokoler Hutama Karya, Izzan Zubair menyatakan bahwa tidak kurang dari 45 karyawan Hutama Karya juga menjadi korban yang terdampak banjir Jabodetabek ini. "Berdasarkan laporan yang kami himpun, para karyawan yang menjadi korban banjir tersebar di beberapa titik di Jabodetabek. Kondisinya pun cukup mengkhawatirkan. Sehingga perusahaan juga turut mengusahakan bantuan untuk meringankan dampak banjir di kediaman karyawan," ujar Izzan. Hutama Karya masih akan terus menginventarisir data-data karyawan yang terdampak serta kerugian materil yang diderita.

Selain hadir bersama Mandiri, PLN, dan Taspen, Hutama Karya melalui Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol juga menyalurkan sejumlah bantuan berupa makanan kering, air mineral, susu, selimut, dan bahan pangan lainnya ke Posko Bantuan Banjir Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Lebih lanjut, Hutama Karya bersinergi dengan berbagai BUMN juga terus hadir dan bekerja sama serta Berkordinasi dengan Dinas Sosial Tangerang Selatan & BPBD setempat. Hal ini dilaksanakan demi mengantisipasi bencana banjir susulan yang mungkin terjadi. "Kami, baik secara internal maupun bersama rekan-rekan BUMN lain juga berencama mendirikan posko siaga banjir di kawasan terdampak. Semoga para korban mendapatkan penanganan terbaik. Kami siap hadir sepenuh hati," tutup Izzan. Diharapkan dengan ada nya bantuan yang diberikan, masyarakat lebih diringankan untuk musibah yang diterimanya.