image


HK & PP BERSINERGI BANGUN GEDUNG BARU UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA


* HK dan PP bersinergi membangun Gedung Baru untuk Unesa
* Nilai proyek Rp. 300 Miliar dengan sumber pendanaan dari Islamic Development Bank (IDB) dan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP)
* Hari ini (21/07) dilakukan groundbreaking proyek yang dihadiri langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI

Surabaya – Sinergi BUMN kembali dilakukan. Kali ini PT. Hutama Karya (Persero) dan PT. PP (Persero) Tbk. siap bersinergi membangun gedung dan fasilitas baru untuk Universitas Negeri Surabaya (Unesa). “Proyek pengembangan infrastruktur dan fasilitas kampus Unesa ini akan berlangsung di dua lokasi, yaitu Kampus Ketintang dan Kampus Lidah Wetan,” ungkap Sugeng Rochadi, Direktur Wilayah Timur PT. Hutama Karya (Persero). Pada Kampus Ketintang, kata Sugeng, fasilitas baru yang akan dibangun mencakup 2 laboratorium, yakni Laboratorium of Science dan Laboratorium of Technology & Entrepreneurship. “Sedangkan di Kampus Lidah Wetan, akan dibangun gedung perpustakaan, CPD (Continuing Development Program) Building, Student Center, gedung Fakultas Seni & Desain, serta semua fasilitas penunjangnya,” kata Sugeng lagi. Gedung CPD rencananya akan dibangun setinggi 9 lantai dengan luas 18.032 m2, sedangkan untuk gedung Student Center akan didirikan dengan tinggi 5 lantai seluas 6.005 m2. “Untuk gedung perpusatakaan nanti kita bangun 6 lantai dengan luas bangunan 6.853 m2. Bangunan laboratorium keduanya akan berdiri setinggi 4 lantai dengan luas bangunan 4.424 m2 untuk Science Lab dan 5.964 m2 untuk Technopreneurship Lab,” papar Sugeng. Gedung Fakultas Seni & Desain sendiri akan berdiri setinggi 4 lantai dengan luas yang cukup besar yakni 10.191 m2. “Pada semua infrastruktur yang akan dibangun, baik Hutama Karya dan PP akan mengerjakan pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektural, pekerjaan mekanikal, elektrikal, dan plumbing, serta pekerjaan landscape,” tambahnya. Proyek yang diberi nama “The Development of New Buildings, New Infrastructures, and Facilities that Integrated the Buildings in State University of Surabaya” ini merupakan proyek dengan nilai kurang lebih Rp. 300 Miliar, di mana pendanaannya merupakan kombinasi antara dana dari Islamic Development Bank (IDB) dan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Bertepatan pada hari ini (21/07), telah dilaksanakan prosesi pemancangan pertama (groundbreaking) yang dihadiri langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

Keterangan gambar: Penandatanganan Prasasti pada Seremoni Pemancangan Pertama Proyek Pengembangan Infrastruktur UNES oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir


Media Inquiry :
Akhmad Zulfikri
Phone: 0218103708 ext. 612
Email : fikri@hutamakarya.com

Untuk perihal lain di luar pers dan media silahkan menghubungi email di corcomm@hutamakarya.com

Catatan untuk Editor :
PT. Hutama Karya (Persero) atau "HK" adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang 100% dimiliki oleh Negara. Bergerak di bidang Industri Konstruksi sejak tahun 1961, HK senantiasa menjadi bagian penting terhadap kemajuan pembangunan infrastruktur nasional maupun manca negara, terbukti dengan track-record HK dalam menyelesaikan proyek-proyek monumental seperti Gedung MPR/DPR, Simpang Susun Semanggi, Jembatan Ampera, Jalan Tol Bali Mandara, Metro Manilla Skyway di Filipina, dan masih banyak lagi.

Kini, melalui Perpres 117/2015 jo. Perpres 100/2014, HK resmi ditugaskan Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan mega-proyek Jalan Tol Trans-Sumatera. Membentang sepanjang kurang lebih 2.770 KM dari Aceh hingga Lampung, Jalan Tol Trans-Sumatera dibangun untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sumatera dan ekonomi nasional pada umumnya.

Penugasan negara ini merupakan momentum bagi HK untuk mentransformasi dirinya, yang selama setengah abad menjadi perusahaan industri konstruksi, menjadi perusahaan pengembang infrastruktur dengan lingkup bisnis yang lebih luas, kompetensi yang lebih beragam, serta potensi dan prospek yang lebih besar.

Posted in Siaran Pers on Jul 21, 2017