image


SELESAI TEPAT WAKTU, KEPALA PROYEK HK DAPAT KEJUTAN DARI MENTERI PU

Pada hari Sabtu (10/06), M. Taufan, Kepala Proyek dari PT. Hutama Karya (Persero) yang mengerjakan Flyover Klonengan, Tegal, Jawa Tengah mendapat kejutan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, yang kala itu tengah melakukan tinjauan ke empat proyek flyover di Kabupaten Brebes dan Tegal. Basuki memberikan hadiah kepada Taufan berupa jam tangan atas prestasi Taufan yang mampu menyelesaikan proyek tersebut dengan tepat waktu. "Jam tangan ini sebagai bentuk apresiasi saya, karena pekerjaan selesai sesuai target waktu, padahal, saya dengar beliau sempat sakit," kata Basuki.

Pembangunan Flyover Klonengan dilakukan dalam rangka mengurai kemacetan lalu lintas akibat adanya perlintasan kereta api. Bentuk flyover ini lebih rumit karena melintasi pertigaan Slawi-Pejagan sehingga perlu dibuat agar tidak saling bersilang. Flyover sepanjang 1.011 meter tersebut berada di atas tiga jalur rel kereta api dengan kepadatan lalu lintas yang cukup tinggi. Hal ini pula yang membuat Flyover ini memiliki bentang yang cukup panjang dibandingkan tiga flyover lainnya.

Saat ditemui di lokasi, Direktur Wilayah Timur Hutama Karya Sugeng Rochadi memaparkan bahwa Flyover Klonengan merupakan proyek design and build dengan acuan penggunaan timbunan beton ringan mortar busa yg dikembangkan oleh Pusat Litbang Jalan dan Jembatan (PUSJATAN) Kementerian PUPR.

"Dengan mengkombinasikan beton ringan, voided slab, girder dan armco, teknologi ini tak hanya dapat menghemat anggaran tapi juga mempercepat proses pengerjaan," ungkap Sugeng. Saat ini, lanjutnya, pekerjaan proyek sudah 99 persen. "Masyarakat sudah bisa menggunakan flyover ini mulai H-10 lebaran tahun ini," tandas Sugeng

JALUR FUNGSIONAL HK TRANS-SUMATERA UNTUK MUDIK 2017


Upaya percepatan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera bagi para pemudik lebaran 2017 terus dilakukan. Tol yang akan meningkatdkan hubungan kota-kota di Sumatera mulai dari Banda Aceh sampai Lampung. Hutama Karya yang diberi penugasan 4 ruas tol Trans-Sumatera yaitu ruas tol Medan – Binjai sepanjang 16,72 km, Palembang – Indralaya sepanjang 21,93 km, Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,7 km, dan Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,48 km. Rincian untuk ruas yang ditargetkan beroperasi secara fungsional pada musim mudik lebaran di bulan Juni 2017 :


1. Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar Paket 2 (Sidomulyo - Kotabaru) segmen SS Kotabaru - SS Lematang sepanjang 5 Km ;

2. Jalan Tol Palembang –Indralaya Seksi 1 Palembang–Pamulutan 7,75 km

3. Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi Seksi 2 - 6 ( Bandara Kualanamu - Kota Sei Rempah) sepanjang 41,6 Km ;

4. Jalan Tol Medan - Binjai Seksi 2 (Helvetia - Semayang) 6,18 Km dan Seksi 3 (Semayang - Binjai) 4,28 Km.


Ruas Tol Trans Sumatera lainnya yang akan selesai pada 2017 ini diantaranya ruas Palembang-Indralaya Seksi 3 (KTM-Simpang Indralaya) sepanjang 9,28 km, Bakauheni Terbanggi Besar Paket 1 (Bakauheni-Sidomulyo) Segmen Pelabuhan Bakauheni-Bakauheni sepanjang 8,90 km, dan seluruh ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 km.

Posted in berita-perusahaan on Jun 21, 2017